mengenal lebih dekat apa itu linux dan jenisnya

mengenal lebih dekat apa itu linux  dan jenisnya - linux memang sedikit asing ditelinga kita. OS ini jarang digunakan oleh orang - orang. mereka lebih memilih menggunakan OS windows ataupun MAC OS. lalu apa itu linux ?

Linux adalah sebuah OS pada pc atau laptop dengan sistem open source.  OS Linux sangat mudah untuk dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pengguna. sehingga banyak sekali jenis OS Linux. OS Linux mempunyai banyak sekali fungsi pada masing - masing jenisnya, misalnya untuk mengelola jaringan, untuk digunakan sehari- hari dll. sekarang Linux mempunyai banyak sekali OS dari hasil turunan OS Linux tertua.

OS ini dibuat oleh Linus Torvalds sehingga OS tersebut diberi nama Linux . awalnya Linux merupakan sebuah proyek pengisi waktu luang kesenangan Linus Torvalds yang mendapat inspirasi dari OS unix yaitu MINIX.



mengapa lambang OS Linux pinguin? lambang tersebut memberi kesan lucu dan kurang keren, padahal fungsi OS Linux sangat keren?

memang benar, gambar lambang atau logo dalam OS linux adalah seekor pinguin yang sangat lucu dan tidak mengesankan keren atau gagah. tetapi pemilihan lambang tersebut mempunyai sejarah atau cerita dalam pemilihan.

pada suatu hari linus toevalds pergi libuaran ke suatu daerah di selatan, kemudian ada seekor pinguin kecil yang mematuk atau menggigit kakinya. akibat gigitanya, Linus Torvalds mengalami demam berhari - hari. akibat kejadian tersebut, linus torvalds mendapat inspirasi untuk menggunakan gambar pinguin sebagai lambangnya dan berharap para pengguna demam untuk menggunakan OS buatanya. nama dari pinguin tersebut adalah TUX yang memberikan kesan santai.

jenis - jenis OS LINUX :
1 debian

OS debian ini menggunakan kernel yang stabil merupakan OS Linux paling populer kestabilanya. turunan dari OS debian paling sering digunakan. OS ini mudah dalam penggunaanya. OS turunan Debian antara lain kali linux, linux mint, backtrack, dll.

2 redhat 

red hat adalah OS Linux yang bekerja atau difungsikan sebagai OS workstation dan dapat dilanakan melalui mode DHCP server. OS ini termasuk distro linux yang memiliki banyak turunan. contoh OS turunan dari red hat antara lain mandrake.

3 slakeware

slakeware termasuk dalam distro tertua dari distro linux lainnya. slakeware memiliki tujuan tama dalam pembuatanya, yaitu stabil dan desain yang mudah untuk digunakan.

ketiga jenis linux diatas merupakan distro linux tertua dan menjadi ibu atau OS utama linux yang mempunyai banyak turunan. ketiga jenis linux tersebut memunyai banyak turunan dan kembangannya. setiap OS turunannya mempunyai tujuan yang ditekankan pada satu hal saja. misalnya untuk sehari - hari dapat menggunakan linux mint, untuk ilmu mengenai jaringan dapat menggunakan kali linux, dll

demikian ulasan saya mengenai linux dan jenis - jenisnya.

semoga dapat bermanfaat, terima kasih.

Post a Comment

5 Comments

  1. Saya mau tanya kelebihanya Os Linux dibandingkan Windows itu apa ya,, mohon dijawab mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak usah menginstall driver, jika hardware pc atau laptopnya keluaran terbaru, agan hanya perlu mengupgrade saja, gratis dan ringan saat dijalankan

      Delete
  2. saya pakai linux minta, tapi itu sama aja sih sama ubuntu :D
    keep sharing gan :D

    ReplyDelete