Tuesday, 25 April 2017

Optimasi deskripsi penelusuran artikel

Kalian pasti sudah mengenal mesin pencarian, misalnya bing, google, Yahoo dll. Ketika hasil pencarian dari mesin penelusuran muncul, kalian dapat amati hasilnya. Dibagian bawah hasil pencarian pasti terdapat deskripsi singkat atau ulasan singkat tentang artikelnya. Deskripsi singkat itu mewakili isi artikel blog didalamnya.

Deskripsi singkat yang letaknya dibawah judul artikel disebut deskripsi penelusuran. Jika deskripsi penelusuran tersebut diatur maka yang tampil dibawahnya sesuai dengan deskripsi penelusuran yang anda tulis. Jika tidak, maka mesin pencari yang memberikan deskripsi penelusuran sesuai dengan isi artikel yang terdapat didalamnya.

Mengaktifkan dan mengisi deskripsi penelusuran artikel

Sebenarnya deskripsi penelusuran yang ditulis singkat dibawah judul artikel untuk memberikan informasi singkat kepada mesin pencari dan pengunjung. Deskripsi penelusuran tersebut juga membantu mengundang klik pada judul artikel. Jika deskripsi penelusuran tersebut sesuai dengan keinginan pengunjung, maka pengunjung akan mengunjungi blog kita karena dianggap sesuai dengan yang dibutuhkan.

Adanya deskripsi penelusuran di dalam artikel perlu dipertimbangkan secara matang. Secara tidak sadar deskripsi penelusuran tersebut dapat menaikkan CTR dan kualitas SEO artikel yang bersangkutan. Deskripsi penelusuran tersebut sebenarnya tidak termasuk dalam faktor perangkingan google. Namun jangan dipandang sebelah mata. Deskripsi penelusuran dibawah judul blog secara tidak sadar dapat meningkatkan dan mengundang klik jika deskripsi penelusuran sesuai dengan yang diinginkan.

Deskripsi penelusuran dalam sebuah artikel memiliki manfaat yang harus biasa pada blog. Mulai dari kesesuaian atau relevannya artikel sampai meningkatkan CTR pada artikel kita.

CARA MENGAKTIFKAN DESKRIPSI PENELUSURAN ARTIKEL BLOG 


Deskripsi dalam blogger terdapat 2 macam, yang memiliki fungsi berbeda. Yaitu deskripsi dan meta deskripsi (  untuk deskripsi penelusuran ). kedua hal tersebut hampir sama. Sama - sama deskripsi, tetapi deskripsi dari kedua hal tersebut berbeda jauh. Ini harus diperhatikan. Kedua deskripsi tersebut dapat di isi semua.

Sekarang membahas perbedaanya. Untuk yang deskripsi saja berfungsi sebagai penjelasan blog kita. Letak deskripsi ini berada pada bawah nama blog kita. Untuk meta deskripsi berfungsi untuk mengaktifkan deskripsi penelusuran pada artikel blog. deskripsi ini biasanya terletak di bawah judul blog saat dilakukan pencarian pada mesin pencari.

Berikut langkah - langkah mengaktifkan deskripsi penelusuran
1 masuk akun blogger anda
2 klik setting atau setelan > pilih preferensi penelusuran
Mengaktifkan dan mengisi deskripsi penelusuran artikel

3 setelah itu, cari tahu meta. Pilih edition pada deskripsi

Mengaktifkan dan mengisi deskripsi penelusuran artikel

4 setelah itu simpan.

Deskripsi penelusuran pada saat menulis artikel blog telah diaktifkan. Jika tidak percaya, coba buat entri baru. setelah itu, lihat pada samping kanan. Susana terdapat kolom deskripsi penelusuran. Isi deskripsi penelusuran sesuai keinginan.

Mengaktifkan dan mengisi deskripsi penelusuran artikel


TIPS MEMBUAT ATAU MENGISI DESKRIPSI PENELUSURAN SEO FRIENDLY


Setelah deskripsi penelusuran diaktifkan. Usahakan untuk selalu mengisi deskripsi penelusuran tersebut. Jika bisa, buatlah pengisian deskripsi penelusuran sebagai kegiatan wajib sebelum memposting artikel. Manfaat yang diberikan sangat luar biasa.

Yang harus ada saat membuat deskripsi penelusuran artikel blog

  1. Gunakan bahasa yang efektif dan mudah dipahami
  2. Gunakan bahasa yang menarik dan membuat pengunjung ingin melakukan klik pada judul blog
  3. Usahakan keyword artikel, anda masukkan di deskripsi penelusuran
  4. Isi deskripsi penelusuran yang mewakili semua yang ada di dalam artikel tersebut
  5. Saat mengisi deskripsi penelusuran, jangan gunakan bahasa yang bertele-tele

Isi deskripsi penelusuran paling banyak 156 karakter saja. Jika lebih, mesin pencari akan memotongnya menjadi 156 karakter saja. Untuk mewakili semua yang ada pada artikel tersebut, gunakan bahasa yang efektif dan mudah dipahami.

Kesimpulan
Dalam mengisi deskripsi penelusuran gunakan bahasa yang efektif dan tidak bertele-tele. Meskipun sering diabaikan, manfaat yang dihasilkan sangat luar biasa. Buat deskripsi penelusuran yang mewakili semua isi dalam artikel