tips membuat permalink berkualitas yang SEO friendly

Permalink adalah suatu URL atau link ke suatu artikel. Permalink singkatan dari permanen link, kalau dibahasakan indonesiakan artinya tautan permanen. Permalink menjadi penghubung atau jalan menuju artikel dalam blog tertentu. Dari namanya, permalink atau tautan permanen ini tidak bisa lagi diubah sedikitpun setelah diposting.

permalink berkualitas

Diibaratkan, permalink ini sebagai alamat rumah. Untuk menuju ke sana, harus tepat alamat tersebut. Gaya penulisan permalink setiap artikel berbeda. Setiap platformnya memeliki teknik untuk mengaktifkan permalink berbeda. Tetapi intinya tetap sama. Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi Jangan bingung jika tampilan permalink antara platform 1 dengan platform lainnya berbeda

Cara membuat atau mensetting permalink lebih SEO FRIENDLY


Cara ini hanya bisa dilakukan pada artikel yang belum diposting. Untuk menggunakan teknik ini, dapat membuat artikel baru dan setting permalink sesuai dengan keinginan. sebenarnya permalink di dalam platformnya blogger sudah diatur atau disetting secara otomatis. Settingan otomatis yang di atur oleh blogger sendiri biasanya mengambil kata - kata yang menjadi judul artikel

Sebenarnya permalink ( permanen link ) yang diatur oleh blogger kurang efektif. Hal ini karena permalink yang dipilih oleh blogger mengambil kata - kata dijudul artikel karena belum tentu kata kunci ( keyword ) artikel tidak masuk kedalam. Biasanya kata kunci terpotong bahkan tidak masuk didalamnya.



Dengan masalah yang sering terjadi tersebut, setting atau custom permalink sangat berguna. Kata - kata yang masuk didalamnya dapat kita setting sendiri dan dapat diisi sesuai dengan keinginan kita. Keyword artikel dapat dimasukkan sesuai keinginan kedalam permalink artikel.


1 masukkan keyword kedalam permalink

Sebaiknya sebuah permalink artikel mengandung keyword atau inti pembahasan. Pemasukkan keyword bertujuan supaya inti pembahasan dapat lebih mudah muncul. Hal ini karena kata kunci atau keyword khusus artikel supaya cepat ditemukan dan disiapkan khusus pada mesin pencari untuk memudahkan pencarian.

Contoh custom permalink:

  • Custom-permalink-artikel
  • Optimasi-permalink-artikel
  • Optimasi-SEO-permalink-artikel

2 terdiri dari 3 sampai 5 kata

Bukan berarti tidak boleh mengisi banyak kata dalam permalink. Ini tergantung dengan orangnya. permalink terdiri dari 3 sampai 5 kata yang bertujuan kata kunci atau keyword didalamnya padat. Penggunaan sedikit kata didalamnya membuat lebih simpleks dan mempermudah pengunjung menulis alamat artikel.

3 jangan gunakan angka atau nomor

Sebelum anda memosting artikel sebaiknya pikirkan terlebih dahulu. Kita membuat artikel tersebut supaya orang lain dapat paham dan tidak membingungkanya.

Sebelum menulis permalink sebaiknya perhatikan sasaran yang kita tuju. Sasaran yang kita tuju pasti orang dan bukan robot. Jika robot mau memasukkan angka kedalam permalink itu terserah anda. Jika yang kita tuju adalah orang lebih baik jangan masukkan angka dalam permalink. Tidak ada orang yang mencari artikel menggunakan angka.

Judul yang menggunakan angka bukan berarti permalink di dalamnya harus menggunakan angka. Justru sebaliknya. Meskipun judul artikel anda menggunakan angka, sebaiknya buat permalink hanya menggunakan kata - kata saja. Hal ini akan membuat pengunjung lebih paham


4 mudah dipahami

Dalam membuat permalink berkualitas kita harus memperhatikan target yang dituju. Target sebuah blog pasti orang bukan robot atau mesin. Orang memiliki kesulitan tersendiri dalam menghafal, baik huruf maupun angka.

Dengan masalah tersebut, buatlah semudah mungkin untuk dipahami. Jangan gunakan kata yang banyak didalamnya. Hal ini akan menyulitkan pengunjung untuk menghafal permalink jika ingin berkunjung lagi. Semakin mudah untuk dipahami maka peringkat kita akan semakin tinggi karena kata yang dalam permalink sesuai dengan target yang diincar.

Kesimpulan

Optimasi permalink artikel bertujuan supaya artikel mudah dicari dan mengoptimalkan teknik SEO blog. Permalink usahakan terdiri dari beberapa kata yang mengandung keyword didalamnya.

Post a Comment

5 Comments

  1. gampang susah ya, coba dulu !!

    ReplyDelete
  2. artikel singkat padat dan mudah di mengerti. aku suka ilmunya tentang permalink

    ReplyDelete
  3. mntep gan ijin coba praktekin nih tips..

    ReplyDelete
  4. permalink emang salah satu hal penting dalam SEO, tips yang agan berikan juga sangat bermanfaat. nice artikel.

    ReplyDelete
  5. yang memasukkan nomor itu menurut saya benar gan. permalink memang harus simpel. tapi berbeda cerita kalau yang pakai breadcrumb seperti saya, yang diambil bukan keyword di permalink, tapi di breadcrumb.

    trims.

    ReplyDelete