Friday, 5 May 2017

Tips mencegah smartphone mati mendadak

Tags

Penggunaan Smartphone secara terus menerus akan berdampak kurang baik. Jarang sekali yang menyadari akan hal tersebut. Meskipun tampak dari luarnya baik belum tentu keadaan didalamnya juga baik, bisa saja ada hal yang rusak.

Masalah paling sering dihadapi oleh pengguna smartphone adalah baterai dan smartphone yang mendadak mati. Kedua masalah tersebut saling berkaitan satu sama lain. Tetapi kali ini ADIBIHAK akan membahas tentang smartphone mati mendadak.

Smartphone mati mendadak

Banyak yang beranggapan dan berspekulasi bahwa mati mendadak pada smartphone adalah hal biasa. Tetapi kenyataannya berbeda dengan keinginannya. Memang biasa, smartphone mati, namun keadaan matinya smartphone berbeda yaitu mati mendadak.

Penyebab smartphone mati mendadak

1 baterai

Baterai dalam smartphone menjadi hal penting. Dan dapat dikatakan bahwa smartphone dengan baterai adalah barang yang tidak dapat dipisahkan. Jika baterai smartphone rusak, maka smartphone tidak akan hidup.

Masalah tersering dialami pada baterai adalah baterai melembung atau membesar. Perubahan ukuran tersebut akan membuat usia baterai menjadi lebih sedikit. Komponen yang terdapat pada baterai akan ikut rusak dengan seiringnya waktu. Semakin besar ukuran baterai, maka semakin parah kerusakan pada baterai.


2 CPU panas


Suhu smartphone juga berpengaruh pada smartphone yang mati mendadak. Smartphone yang panas menandakan bahwa kinerja smartphone sudah mencapai batas maksimal. Banyak yang menganggap remeh dengan keadaan tersebut. Setelah panas, CPU atau otak smartphone sudah mencapai batas maksimal dalam melakukan instruksi. Jika masih dilakukan, smartphone mati mendadak karena CPU didalamnya tidak dapat menerima instruksi lagi.

Kedua faktor tersebut akan berpengaruh buruk pada keadaan samartpjone jika tetap dilakukan. Melakukan 1 atau 2 kali masih dalam batas wajar. Tetapi jika melakukannya terus menerus itu akan berbahaya bagi keadaan smartphone.

Tips jitu mencegah smartphone mati mendadak


1 matikan dan nyalakan kembali

Penggunaan Smartphone secara terus menerus dapat menyebabkan smartphone mati mendadak. Jika baterai smartphone kurang 5 sampai 10 persen dalam hitungan menit. Berarti itu ada masalah di dalamnya. Kemungkinan ada aplikasi atau beberapa fungsi smartphone yang menguras habis daya baterai.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan reboot. Cara ini akan mematikan semua fungsi atau aplikasi secara paksa dan me-restart seperti semula. Di dalam perangkat Android terdapat beberapa cara. Cara lain, cabut baterai jika keadaan memungkinkan.

2 aktifkan mode pesawat

Penyebab lain dari baterai yang cepat terkuras adalah smartphone pada mode jaringan. Mode ini akan membutuhkan banyak daya baterai untuk melakukan fungsinya. Sinyal yang jelek juga dapat menguras baterai. Smartphone akan terus mencari sinyal dan hal ini membutuhkan daya baterai yang besar.

Untuk mencegah hal itu, kalian dapat mematikan koneksi data atau WiFi pada smartphone. Tetapi jika sinyal masih sulit untuk didapatkan, lebih baik hidupkan mode pesawat. Dengan cara ini smartphone akan berhenti mencari sinyal.

3 diamkan sebentar

Cara ini jarang dilakukan oleh pengguna, yang mereka tahu hanya memakai saja tanpa mengistirahatkan sebentar. Jika suhu pada smartphone sudah tinggi lebih baik diamkan sebentar. Berilah waktu smartphone untuk istirahat.

4 force stop aplikasi penguras daya

Setelah melakukan reboot, lihat apa yang terjadi. Jika kondisi smartphone masih tetap sama, alangkah baiknya untuk menyelidiki aplikasi yang menguras banyak baterai. Untuk perangkat Android, masuk menu pengaturan, lalu pilih baterai dan lihat aplikasi yang menguras banyak baterai. Setelah itu force stop aplikasi tersebut.


5 hidupkan modus baterai saver

Cara ini cukup efektif untuk smartphone karena baterainya akan bertahan lebih lama. Dengan mengaktifkan modus baterai saver, smartphone akan meredupkan cahaya di layar dan mematikan beberapa fungsi dan aplikasi di dalmnya.


EmoticonEmoticon