Sunday, 7 May 2017

Mengenal OS windows 10 s, beserta kelebihan dan kekurangan

Tags

Vendor yang satu ini memang bukan hal yang asing di telinga kita. Baru - baru ini, Microsoft telah meluncurkan sistem operasi bentukannya yang baru. Microsoft memberi nama windows 10 s. Kali ini ADIBIHAK akan mengulas lebih jauh mengenai kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dan kekurangan Windows 10 s

Selain itu, vendor Microsoft juga meluncurkan surface laptop bersamaan dengan OS Windows 10 S. Perkembangan sistem operasi windows sangat pesat. Bila kurang mengikuti perkembangannya, pasti akan bingung perbedaan OS Windows 10 cloud. Digadang - gadang dapat menyaingi perangkat chromebook.

Pengertian OS windows 10 S

Os Windows 10 s merupakan sistem operasi terbaru Microsoft yang diadopsi dari platform windows 10 pro. OS ini menggunakan sistem cloud computing atau gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet. Pihak Microsoft tidak menjelaskan arti huruf " S " yang berada pada belakang OS windows 10 terbarunya

Kelebihan  OS windows 10 s dari versi sebelumnya


1 performa lebih cepat

Kecepatan windows ini menjadi prioritas karena menyerang pasar pendidikan. OS Windows 10 s hanya membutuhkan waktu 15 detik saja untuk siap digunakan. Selain itu, proses penginstalan windows ini sangat mudah dan ringan. Penginstallan windows ini juga dapat menggunakan stik USB.


2 baterai tahan lama

Daya baterai yang digunakan lebih hemat dari windows 10 pro, dengan itu baterai menjadi lebih tahan lama. Chromebook ini hanya akan menjadi alternatif bagi perangkat portabel yang mempunyai layar kecil. Selain itu, OS windows 10 S tidak diprioritaskan untuk bermain game maupun menjalankan aplikasi yang berat.

3 Punya fitur Windows 10 pro

Dasar dari pembentukan OS windows 10 s berasal dari platform windows 10 pro, dan tidak dari windows 10 home. Fitur - fitur di dalam windows 10 pro juga dapat ditemukan di dalam windows 10s, misalnya Mobile Device Management (MDM), Azure Active Directory(AD) dan masih banyak lagi. Beruntung sekali yang menggunakan dulunya menggunakan windows 10 pro karena fitur didalam OS windows 10 s hampir sama.

Kelebihan dan kekurangan Windows 10 s

4 dapat diinstal di semua laptop atau PC

Ya, ini merupakan kelebihan Chromebook ini yang dilengkapi dengan mesin khusus, sehingga dapat di install di semua laptop maupun PC. Untuk yang notebook, laptop, dan PC nya tidak kuat atau mumpuni untuk OS windows 10 pro, coba install OS windows 10 s disana. Lihat apa yang terjadi. Pasti lebih cepat dan ringan.

Kekurangan  OS Windows 10 s dari versi sebelumnya


1 tidak dapat menginstal aplikasi .EXE

Seperti chromebook lainnya, OS windows 10 s tidak memperbolehkan menginstall aplikasi selain dari Microsoft store. Sama halnya dengan android, aplikasi yang boleh di install hanya dari Microsoft store. Meskipun diprioritaskan untuk pendidikan, windows 10 s kurang fleksibel. Misalnya aplikasi yang penting sekali bagi pendidikan berasal dari pihak ketiga yang belum mendapat persetujuan masuk ke Microsoft store, dengan itu aplikasi tidak dapat dipasang.

2. Browser default

Tidak dapat dipungkiri, pihak Microsoft kemungkinan akan memonopoli browser pada windows 10 s. Pihak Microsoft menyebutkan Microsoft edge ditetapkan sebagai browser default windows 10 s dan tidak ada browser selain itu. Untuk chrome dan Firefox masih menunggu kepastian apakah ada di Microsoft store atau tidak.

3 BING

Selain memonopoli browser di Windowsnya, pihak microsoft juga hanya menggunakan satu search engine yaitu bing. Walaupun chrome dan Firefox ada di Microsoft store, tetap saja hanya dapat mengakses Search engine Bing. Tidak dapat mengakses Search engine lainnya seperti google, Yahoo, dll.


4 tidak bisa install downgrade

Kekurangan ini menjadi masalah besar. Tidak bisa melakukan downgrade dari windows 10 s ke windows 10 pro atau windows 10 home. Kita perlu menginstall ulang kembali. Jika ingin mengupgrade, akan dikenakan biaya sebesar 500 ribu untuk ganti ke os yang lebih baik.

5 Microsoft store sepi


Kelebihan dan kekurangan Windows 10 s

Ini yang menjadi kendala pengguna. Aplikasi yang ada di Microsoft store tidak seramai play store atau app store. Tidak banyak yang membuat aplikasi berbasis platform windows.

3 comments

wah pantes saya mau instal ini itu ada sebagian bisa dan nggk bisa, , pas di bukak Normal lama kelamaan gmbr ada yg pecah klo pakek win 7 blum pernh gmbr pecah. semua itu juga ada kekurangan dan kelebihan

dari tampilan Windows 10 emang lebih joss


EmoticonEmoticon