Saturday, 16 September 2017

Pengertian router dan fungsinya

Tags

Router adalah sebuah perangkat di dalam jaringan yang memiliki fungsi sebagai pembagi jaringan. Perangkat ini menjadi kunci utama dalam jaringan. Tapi banyak yang tidak tahu mengenai alat yang satu ini.


Router board mikrotik

Router berfungsi sebagai pembagi jaringan.

Apa maksudnya? Sebenarnya router bukan sebagai pembagi jaringan tetapi lebih tepatnya sebagai penghubung antar jaringan yang berbeda alamat. Dalam sistem jaringan jika kedua perangkat berbeda alamat terhubung itu tidak bisa berkomunikasi.

Hal itu sudah menjadi aturan mutlak dalam jaringan. Oleh karena itu untuk menghubungkan keduanya harus menggunakan sebuah router. Dapat dimisalkan router itu sebuah jembatan. Disuatu wilayah terdapat 2 wilayah yang berdekatan, tetapi mereka di pisahkan oleh sebuah sungai di tengahnya. Penduduk kedua wilayah tersebut tidak dapat berkomunikasi dan terhubung. Untuk menghubungkannya memerlukan sebuah jembatan. Seperti halnya router, agar kedua alamat yang berbeda dapat terhubung dan dapat berkomunikasi memerlukan router.

Apakah fungsi router hanya itu?

Router adalah perangkat yang memiliki multi fungsi dalam jaringan.

1. sebagai switch atau hub

Router dapat menjadi switch atau hub. Hal ini dipengaruhi oleh slot yang ada pada router tersebut. Slot yang ada pada router dapat digunakan untuk terhubung dengan internet. 

2 sebagai access point

Kecanggihan teknologi juga berimbas pada router itu sendiri. Dahulu router belum ada yang dapat mengirimkan data melalui sinyal. Tetapi berkat kemajuan zaman, router sudah bisa mengirimkan data melalui sinyal. Sinyal tersebut biasa kita sebut dengan WIFI.

Misalnya router board yang diproduksi oleh perusahaan mikrotik. Router ciptaannya sudah ada yang mendukung sistem WLAN (wireless local area network). 

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon