Saturday, 16 September 2017

Pengertian router dan fungsinya dalam membangun jaringan

Tags

Router adalah sebuah perangkat di dalam jaringan yang memiliki fungsi sebagai pembagi jaringan. Perangkat ini menjadi kunci utama dalam jaringan. Tapi banyak yang tidak tahu mengenai alat yang satu ini.

Router ini termasuk alat yang multifungsi. Kemampuannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan di dunia jaringan. Router sangat penting dalam membuat atau membangun sebuah jaringan.


Router board mikrotik

Router berfungsi sebagai pembagi jaringan.

Apa maksudnya? Sebenarnya router bukan sebagai pembagi jaringan tetapi lebih tepatnya sebagai penghubung antar jaringan yang berbeda alamat. Dalam sistem jaringan jika kedua perangkat berbeda alamat terhubung itu tidak bisa berkomunikasi.

Hal itu sudah menjadi aturan mutlak dalam jaringan. Oleh karena itu untuk menghubungkan keduanya harus menggunakan sebuah router. Dapat dimisalkan router itu sebuah jembatan. Disuatu wilayah terdapat 2 wilayah yang berdekatan, tetapi mereka di pisahkan oleh sebuah sungai di tengahnya. Penduduk kedua wilayah tersebut tidak dapat berkomunikasi dan terhubung. Untuk menghubungkannya memerlukan sebuah jembatan. Seperti halnya router, agar kedua alamat yang berbeda dapat terhubung dan dapat berkomunikasi memerlukan router.

Router juga dapat mengatur data yang dapat diakses dan banyaknya user yang dapat mengakses atau lebih singkatnya lebar bandwidth data. Router tidak harus sebuah alat router sesungguhnya. Komputer server pun bisa menjadi router.

Jika kita menggunakan komputer server sebagai router, maka perlu sebuah switch. Switch tersebut berfungsi sebagai pembagi jaringan yang menggantikan port pada router board. Komputer server akan mendapatkan koneksi internet. Kemudian komputer server membagi koneksi data melalui switch yang terhubung kepada client atau komputer biasa. Server dapat membatasi lebar bandwidth yang dapat diakses atau lebih tepatnya kecepatan Downlink atau Uplink komputer client

Apakah fungsi router hanya itu?

Router adalah perangkat yang memiliki multi fungsi dalam jaringan.

1. sebagai switch atau hub

Router dapat menjadi switch atau hub. Hal ini dipengaruhi oleh slot yang ada pada router tersebut. Slot yang ada pada router dapat digunakan untuk terhubung dengan internet. 

2 sebagai access point

Kecanggihan teknologi juga berimbas pada router itu sendiri. Dahulu router belum ada yang dapat mengirimkan data melalui sinyal. Tetapi berkat kemajuan zaman, router sudah bisa mengirimkan data melalui sinyal. Sinyal tersebut biasa kita sebut dengan WIFI.

3 penghubung jaringan dengan arsitektur berbeda

Maksudnya gimana? Dalam jaringan komputer terdapat banyak sekali arsitektur jaringan. Dalam konteks Iki saya membahas mengenai alamat IP pada komputer atau handphone. Dalam komputer dan HP pasti memiliki alamat IP khusus yang terdapat di dalam hp.

Misalkan 
A 192.168.2.3
B 192.168.3.1

Dari contoh di atas. Kita dapat melihat perbedaan dari kedua alamat IP terdapat pada digit ke 3. Di IP "A" tertulis 2 dan di IP "B" tertulis 3. Untuk menghubungkannya membutuhkan sebuah router. Itu yang saya maksud dengan arsitektur berbeda.

Misalnya router board yang diproduksi oleh perusahaan mikrotik. Router ciptaannya sudah ada yang mendukung sistem WLAN (wireless local area network).

Sekarang ini banyak sekali vendor yang memproduksi router board. Tetapi yang paling sering digunakan adalah mikrotik dan Cisco. Kedua vendor terus mengeluarkan produk dan mengupgrade fungsi yang semakin canggih.


EmoticonEmoticon