Wednesday, 29 November 2017

Cara merawat flashdisk, trik sederhana terhindar virus dan agar awet

Flashdisk adalah perangkat penyimpanan kecil yang mudah dibawa. Perangkat ini sangat penting sekali, terutama anak sekolahan sama mahasiswa. Yang biasa buat simpan file word, powerpoint, dll. Perawatan flashdisk perlu dilakukan agar tetap baik performanya.

Belum lama ini, telah muncul inovasi baru mengenai flashdisk. Sekarang ada flashdisk yang mempunyai 2 ujung, satu untuk port hp dan yang satunya untuk port USB laptop. Flashdisk ini menggabungkan teknologi OTG, langsung ke flashdisk. Hal ini akan menambah kehati - hatian kita dalam menjaga dan merawat flashdisk agar tidak terkena virus.

Cara merawat flashdisk, trik sederhana terhindar virus dan agar awet

Virus didalam komputer menjadi salah satu penyebab flashdisk cepat rusak. Kita harus mencegah virus menyebar kedalam flashdisk. Ada virus yang tidak dapat dibersihkan. Rawat flashdisk agar awet dan tahan lama.

Cara merawat flashdisk agar awet dan terhindar virus


1. Eject flashdisk sebelum mencabut

Langkah paling sederhana adalah eject flashdisk. Meskipun sederhana, cara ini cukup efektif menghindari virus menyebar kedalam flashdisk. Sistem eject dapat dibilang sebagai safety remove. Banyak orang yang lupa mengeject flash disk.

2. Jangan terlalu sering menghapus atau memasukkan file

Setiap flashdisk yang dibuat memiliki batasan pembuatan dan penghapusan file. Semua produk ada batasannya, salah satunya flash disk. Rata - rata setiap flashdisk hanya mampu sekitar 10.000 sampai 100.000 file.  Semua tergantung merk dan spesifikasi flashdisk.

3. Jangan sering memformat

Teknik merawat flashdisk selanjutnya adalah jangan keseringan memformat flashdisk. Memang flashdisk akan menjadi bersih setelah di format, file berbahaya dan virus akan hilang. Tetapi, ada efek sampingnya. Biasanya menyebabkan corrupt, kapasitas hilang, dan tidak terdeteksi. Boleh sesekali memformat flashdisk. Misal buat bootable Linux, mengirim file penting dalam ukuran besar.

4. Scan terjadwal

Pengecekan kondisi flash disk harus terjadwal. Misal seminggu sekali. Hal ini untuk menghindari virus di dalamnya. Scan bertujuan untuk mengecek isi file di dalamnya. Apakah berbahaya atau tidak? Sehingga kondisi di dalam flashdiisk lebih terjaga dan kondisinya baik.

5. Jauhkan dari air

Didalam flash disk terdapat IC dan sirkuit yang rentan terhadap air. Bahkan, ada juga flash disk yang bagus dan awet meskipun sudah tercelup kedalam air. Memang ada flashdisk yang masih dalam keadaan meskipun sudah tercuci, jatuh dalam genangan air atau direndam sekalipun. Tetapi semua ada batasannya. Jika menginginkan tetap awet sebaiknya jauhkan dari air.

6. Tutup socket flashdisk

Setelah digunakan dan tidak terpakai sebaiknya langsung tutup soketnya. Ini bertujuan agar tidak mengalami penguatan di socket. Jika sudah karatan, flashdisk lebih mudah rusak. Selain itu, tutup flash disk berguna juga untuk menghindarkan dari debu.

Itu tadi sekilas cara merawat flashdisk yang benar. Hindari penggunaan yang berlebihan dan sering sering melakukan pengecekan.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon