Thursday, 4 January 2018

sejarah munculnya TCP/IP

Tags

PENGERTIAN

TCP/IP ( Transmision Control Protocol / Internet Protocol ) adalah  gabingan protocol TCP/IP sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar - menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke tujuan yang dituju.
TCP/IP


LATAR BELAKANG

TCP/IP sangat penting jika ingin mendalami jaringan. sebagai dasar pengiriman data


MAKSUD DAN TUJUAN

mengetahui  sejarah munculnya TCP/IP dan penjelasannya


HAL YANG DIHARAPKAN

dapat mengetahui sejarah singkat dari TCP/IP  dan pengimplementasian


SEJARAH TCP/IP

Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). TCP/IP merupakan sebuah standar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan di mana saja. Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di Internet. Protokol ini juga bersifat routable yang berarti protokol ini cocok untuk menghubungkan sistem-sistem berbeda (seperti Microsoft Windows dan keluarga UNIX) untuk membentuk jaringan yang heterogen.

protokol TCP/Ip selalu mengalami peningkatan atau evolusi menjadi lebih baik, dengan masalah kebutuhan internet yang semakin besar. pengembangan TCP/IP dilakukan oleh banyak badan atau lembaga yang saling bekerja sama.

badan tersebut antara lain :
  1. Internet society ( ISOC )
  2. Internet Architecture Board ( IAB )
  3. Internet Enginering Task Force ( IETF )

REFERENSI

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Suit_protokol_internet


EmoticonEmoticon