SRINTEKDES : komputer server

sebenarnya apasih server itu? apa yang membedakan komputer server dengan komputer biasa?

PENGERTIAN
server adalah komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

LAMA PELAKSANAAN
2 jam

PROSES PELAKSANAAN
sebuah komputer dapat dikatakan sebagai server dapat dilihat dari aplikasi yang terpasang. misalnya aplikasi yang dipasan untuk server adalah web server. itu dapat dikatakan sebagai server.

server dengan pc biasa sama. terdapat CPU, RAM, dll. yang membedakannya yaitu teknologi dan daya tahan. teknologi komputer server telah didesain untuk daya tahan yang tangguh. PSU pada server menerapkan sistem redundancy.

apa itu redundancy ?
PSU pada server di supermikro ( komputer server ) ada 2. PSU tersebut berjalan bersamaan. jika salah satu PSU mati, maka komputer server akan tetap hidup. PSU itu saling bergantian memberikan daya. jika satu mati, maka yang lainnya akan memberikan daya sepenuhnya. ini juga memberikan keuntungan, ketika teknisi ingin mengganti 1 PSu yang rusak, maka server tidak perlu dimatikan dan server masih bisa berjalan.

selain itu, harddisk di server dapat dicabut dan ditambahkan tanpa mempengaruhi sistem dan server membutuhkan pendingin yang lebih. server tersebut akan hidup terus menerus sehingga membutuhkan pendingin yang lebih.

server tidak perlu memiliki spek yang tinggi dan harga yang mahal. komputer dengan spek minim sekalipun bisa dijadikan sebagai server. tetapi tetap melihat server tersebut akan digunaan untuk apa.

dokumentasi kegiatan :



Post a Comment

0 Comments