Mengenal apa itu mifi dan perbedaanya dengan wifi

Belum lama ini, telah muncul teknologi baru yang di ciptakan untuk mempermudah orang dalam mendapatkan koneksi internet. Teknologi tersebut adalah MIFI. Ini sangat membantu para traveler atau orang yang suka bepergian dalam mendapatkan WiFi.

Meskipun belum cukup terkenal, tetapi sudah banyak peminatnya. Modelnya sangat praktis dibawa. Jangkauannya juga rumayan besar. Untuk koneksi tergantung kuota yang digunakan

Pengertian mifi

Mengenal pengertian MIFI

Apa itu mifi? Mifi adalah singkatan dari Mobile WiFi. Secara logika, sebuah perangkat keras router yang mendukung sistem wireless untuk menyebarkan sinyal berupa WiFi atau hotspot. Jadi sangat membantu kita saat bepergian jauh.

Jumlah user terbatas. Tergantung merek MiFi. Semakin banyak user, koneksi juga akan semakin lambat. Untuk itu perlu pembatasan user. Tetapi kalau hanya untuk 4 orang koneksi sudah cukup lancar.

Mifi ini bersifat portabel atau dengan kata lain dapat dibawa kemana saja. Sebenarnya mifi itu adalah perangkat hasil perpaduan antara modem, perangkat WiFi dan router. Jadi jangan heran jika dalam perangkat ini menggunakan kuota.

Perbedaan Mifi dengan Wifi

apakah berbeda jauh? Lebih enak yang mana? 

1. Kepraktisan

Dari segi kepraktisan, ini menang mifi. Karena kalau WiFi kita harus mencari stop kontak sabagai power dan koneksi internet harus melalui kabel sedangkan untuk mifi hanya perlu menggunakan baterai sebagai power dan untuk koneksi hanya perlu menggunakan kuota internet.

2. Jumlah user

Jumlah user yang dapat mengakses lebih banyak WiFi. Hal itu disebabkan karena jumlah user yang dapat mengakses internet dalam WiFi dapat di setting sendiri. Jadi banyak sedikitnya user dalam WiFi tergantung kebutuhan. Sedangkan untuk mifi, jumlah user sudah disetting dari produsen. Jadi banyak sedikitnya user tergantung dari produsen karena jumlah user setiap produsen berbeda.

3. Koneksi

Dari segi koneksi, yang lebih unggul adalah WiFi. Karena kita dapat memilih kuota yang diinginkan dan kecepatan yang dibutuhkan. Untuk mifi, kita tidak dapat mensetting kecepatan koneksi dan semua tergantung pada kartu Internet yang digunakan.

Sebelum membelinya, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu. Kebutuhan yang di perlukan seperti apa. Jika memilih koneksi lancar, pilih WiFi sedangkan jika memilih kepraktisan, pilih mifi. Sesuaikan dengan kebutuhan sebelum membeli.

Post a Comment

0 Comments