Pengenalan IP address

PENGERTIAN

IP ( Internet Protocol ) address adalah sederetan angka biner antara 32 dan 128 yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan internet.

LATAR BELAKANG

komputer dalam menjelajahi dunia internet atau jaringan komputer, memerlukan sebuah alamat agar data dapat diterima. semua komputer memiliki alamat IP address. termasuk yang tidak di setting sekalipun. 

MAKSUD DAN TUJUAN

memberi penjelasan dan dapat mengimplementasikan IP address di komputer atau laptop

HAL YANG DIHARAPKAN

dapat mensetting IP address sendiri dan jenis IP yang disetting

PROSES PELAKSANAAN

ip address memiliki 4 blok bilangan dari 0 sampai 255. sebenarnya alamat IP berupa kumpulan bilangan biner yang ditranslasikan atau diubah ke bilangan desimal. misalnya IP berikut

diatas terdapat IP 172.16.254.1. IP diatas terdiri dari 4 octet. IP address dipisahkan menjadi 2 yaitu bit network dan bit host. bit network berperan sebagai identitas network dari network yang lain dan bit host berperan dalam identifikasi host dalam suatu network. jadi host yang tersambung memiliki bit host berbeda tetapi memiliki bit network yang sama.

Versi IP address 

1. IPv4
IP ini memiliki 32 bit biner. yang dibagi menjadi 4 octet. IP versi ini paling sering digunakan didalam jaringan
2. IPv6
Ip ini memiliki bit sepanjang 128-bit. IP ini memiliki jumlah host yang lebih banyak dari IPv4. jumlah user atau host dapat sekitar 4 miliar IP.

Pembagian kelas IPv4

1. Kelas A
ciri - cirinya :
- bit pertama 0
- memiliki 8 bit network id dan 24 bit host id
- Jumlah host per network = 16.777.216
- Jumlah network = 128

2. kelas B
ciri -cirinya :
- bit pertama adalah 10
- memiliki 16 bit network id dan 16 bit host id
- Jumlah Network = 16.384
- Jumlah Host per Network = 65.536

3. kelas C
ciri - ciri :
- bit pertama adalah 110
- memiliki 24 bit network id dan 8 bit host id
- Jumlah Network = 2.097.152
- Jumlah Host per Network = 254

4. kelas D
ciri- ciri :
- bit pertama adalah 1110
- disediakan untuk alamat - alamat multicast

5. kelas E
- bit pertama adalah 1111
- disediakan sebagai alamat yang bersifat " eksperimen "


Address khusus pada IP adddress

address ini tidak boleh digunakan untuk pengenal host dan digunakan untuk keperluan khusus
1. network address
sebuah address yang digunakan untuk mengenali suatu network pada jaringan tertentu.  tujuannya adalah untuk menyederhanakan informasi routing pada Internet. Router cukup melihat network address untuk menentukan kemana paket tersebut harus dikirimkan. misalnya untuk kelas c, menggunakan IP address 192.168.22.2/24, maka network addressnya adalah 192.168.22.0.

2. broadcast address
address ini digunakan untuk mengirimkan/menerima informasi yang harus diketahui oleh seluruh host yang ada pada satu network. misalnya IP addressnya sama seperti contoh diatas yaitu 192.168.22.2/24. maka broadcast addressnya adalah 192.168.22.255.

jenis IP adddress

1. IP private
ip diguanakan untuk jaringan lokal, miaslnya lab. ip address tidak akan dirouting ke internet, oleh karena itu IP ini tidak dapat digunakan sebagai pengenal di internet.  range IP private

agar IP private dapat mengakses internet maka memerlukan NAT. NAT digunakan untuk mengkoneksikan IP private ke internet melalui IP publik. keuntungannya, hanya membutuhkan sedikit IP publik untuk menangani banyak IP private.

2. IP publik
IP publik adalah IP yang digunakan dalam jaringan global internet. kelas IP ini digunakan di dalam jaringan internet maka IP ini bisa diakses melalui jaringan internet secara langsung.

REFERENSI

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Alamat_IP 
  • ebook Dasar-Dasar-Jaringan-Komputer-Revisi-2012.pdf

Post a Comment

0 Comments