Pengenalan Sistem Operasi Linux


sebelum membahas lebuh jauh mengenai linux. Sistem operasi apakah yang pernah anda gunakan? Apakah bajakan atau asli? Apakah anda pernah mendengar tentang sistem operasi linux? Langsung saja ikuti pembahasan saya lebih lanjut mengenai pengenalan sistem operasi linux dibawah ini.


PENGERTIAN

Linux adalah sistem operasi yang merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvald. Linux disebar luaskan secara bebas dan open source.

LATAR BELAKANG

pada saat ini banyak sekali orang yang menggunakan sistem operasi bajakan terutama OS Windows. OS tersebut menjual – belikan source kodenya. Sehingga banyak orang yang mencoba membuat bajakan agar dapat mencobanya tanpa membelinya. Masalah ini sering terjadi di Indonesia. Meskipun tidak semua orang yang menggunakan OS Windows secara bajakan. Untuk mendapatkan OS Windows bajakan tidak terlalu sulit, hanya perlu mendownload di internet.
Itu akan membuat masalah pada saat kita mau bepergian menggunakan pesawat terbang. Sebelum naik pesawat, akan ada pengecekan pada OS yang digunakan. Jika ketahuan, orang yang menggunakannya akan mendapatkan denda dari pihak microsoft.
Oleh sebab itu, kita sebaiknya mencari alternatif lain. Kita dapat menggunakan sistem operasi linux sebagai altrernatif. Dalam sistem operasi linux, source kodenya dijual secara bebas dan gratis. Selain itu, dalam OS linux terdapat banyak sekali jenis yang biasa dikenal dengan distro linux. Misalnya Linux Mint, Ubuntu, Debian, dll.

MAKSUD DAN TUJUAN

  • memberikan informasi sistem operasi yang gratis pada masyarakat

HASIL YANG DIHARAPKAN

  • masyarakat dapat menggunakan sistem operasi linux daripada sistem operasi bajakan

WAKTU PELAKSANAAN

  • 10 menit untuk pemahaman dasar

TAHAP PELAKSANAAN

sistem operasi linux didistribusikan secara bebas(free). Distribusi sistem operasi linux banyak sekali. Kumpulan dari sistem operasi linux biasa disebut dengan distro. Misalnya sistem operasi Linux Mint yang sedang saya gunakan.

Didalam sistem operasi linux, kita pasti membutuhkan software atau aplikasi yang digunakan untuk membantu kita dalam mengoptimalkan fungsi komputer kita. Kumpulan aplikasi atau software dalam linux biasa disebut dengan repository.

kelebihan yang didapatkan jika menggunakan OS linux
  • lisensi gratis
  • linux dapat berinteraksi dengan sistem operasi lain
  • mempunyai virtual memori, skalabilitas, dan stabil
  • linux mulai mendukung vendor hardware dan software meskipun masih kalah dengan windows
kekurangan yang di dapatkan
  • perintah linux cukup awam karena belum pernah mencoba atau belum pernah tahu ( namun itu akan meningkatkan kemampuan kita untuk mencari informasi lebih dalam mengenai linux)


KESIMPULAN

sistem operasi linux sangat cocok bagi yang menginginkan sistem operasi gratis tetapi asli bukan bajakan. Sistem operasi linux juga memiliki banyak keunggulan dan juga kekurangan sendiri jika digunakan

REFERENSI

  • dikutip dari EBOOK BLC TELKOM

Post a Comment

0 Comments