Pengalaman selama MikroTik Marathon Bootcamp VI

MikroTik Marathon Bootcamp adalah program training dan sertifikasi expert vendor MikroTik yang diselenggarakan Oleh Pak Ziad Sobri. Tujuan dari kegiatan ini yaitu supaya mengenal teknologi yang sudah disupport oleh vendor dan materi yang jarang diikuti ketika diadakan sertifikasi sendiri - sendiri.



Saya mengikuti Mikrotik Maraton Bootcamp ini  karena saya mendapatkan undangan dari Pak Ziad Sobri. kok bisa diundang? bagaimana caranya? jadi begini ceritanya, ketika saya masih melaksanakan prekerin di BLC Telkom Klaten. Ada program sertifikasi internasional Mikrotik ( MTCNA & MTCRE ). Pak Ziad melakukan challenge, jika nilai ujiannya memenuhi kriteria maka akan diundang untuk mengikuti kegiatan MikroTik Marathon Bootcamp di Lampung. jadi seperti itu ceritanya.

Track :
  • MTCINE  ( MikroTik Certified Inter-Networking Engineer )
  • MTCIPv6 ( MikroTik Certified IPv6 Engineer )
  • MTCUME ( MikroTik Certified User Management Engineer )
  • MTCTCE ( MikroTik Certified Traffic Control Engineer )
  • MTCWE (MikroTik Certified Wireless Engineer )
pemberian materi dilakukan pada pagi, siang dan malam. jadi efeknya, waktu tidur kita tidak efektif. peserta juga diberikan beberapa case dan LAB yang cukup membuat otak menjadi penat. ketika mengalami kesulitan dapat didiskusikan dan dapat sharing dengan peserta lain. pemberian materi mudah diterima. ketika melakukan Lab, kita diberikan file LAB. Kita diminta untuk mengamati dan mencoba solved jika ada masalah saat nge-LAB

Saya mendapatkan 5 sertifikat yaitu MTCINE, MTCIPv6, MTCUME, MTCTCE, dan MTCWE. Pak ziad mengingatkan kepada kami " ketika sudah mendapatkan sertifikat itu bukan berarti kita menjadi expert, sertifikat itu hanya menjadi tolak ukur kemampuan saja. menjadi expert itu butuh waktu dan pengalaman "






kegiatan juga diselingi sharing materi dan pengalaman dari peserta. sharing ini bertujuan untuk refreshing. selain itu, jangan menutup diri dengan vendor lain dan sertifikasinya. ini bertujuan untuk mengukur kemampuan kita dan ketika vendor yang sekarang ini kita pakai mengalami penurunan minat di industri, kita masih memiliki kemampuan pada vendor lain.
Sharing Pak April Rustianto, M.T, CCIE tentang kehidupan Network Engineer
Sharing Pak Hendra Hernanda tentang Cyber Security
Sharing Mas Lukman Hakim tentang LOAD BALANCER HAPROXY dengan pfsense

Post a comment

0 Comments