Friday, 29 November 2019

Cloud Storage Bucket: Manage storage GCP

Google Storage Bucket adalah penyimpanan data ampuh yang disediakan oleh Google kedalam bagian Google Cloud Platform. Itu menyediakan teknologi storage yang handal, berdaya tahan tinggi, konsisten, dan teknologi ini sama digunakan oleh Google dalam penyimpanan data.

sistemnya berbayar sesuai apa yang digunakan dan dapat menggunakan trial akun untuk melakukan percobaan. Jadi saat kita membuat bucket storage dengan size 2TB, tetapi yang digunakan hanya 100 GB. Google akan menagih yang digunakan saja, dalam case ini hanya 100 GB. Cost yang dibayar 100 GB saja.

GCS dapat digunakan untuk banyak hal, antara lain :

  • konten website dinamis/statis
  • penyimpanan aplikasi khusus
  • pusat data yang dapat diakses banyak pengguna
Penamaan bucket storage ini harus unik. Setiap create bucket storage baru, tidak boleh menggunakan nama yang sama dan akan terjadi error. Bucket ini dapat melakukan kelas penyimpanan dan letak geografisnya. Ini dapat dilakukan diawal dan tidak dapat dirubah ketika sudah dibuat.

Cloud Storage GCP


pertama, akses terlebih dahulu Google Cloud Console melalui Browser. Google Cloud Console ini web-base. jadi akan muncul tampilan GUI nya

kemudian pilih Storage Browser. Apabila pengguna pertama, lakukan registrasi akun terlebih dahulu. isi form yang sesuai persyaratan. kemudian create project baru

kemudian akan muncul pop up baru. pilih create bucket. masukkan nama, kelas penyimpanan, lokasi grafis, dll. kemudian pilih done. 

kemudian coba lakukan upload file ke dalam bucket storage yang sudah dibuat. 




KESIMPULAN

Perkenalan mengenai Google Storage Bucket. Google telah menyediakan teknologi storage yang handal untuk mendukung aplikasi yang kita buat. 


Referensi
https://cloud.google.com/storage/docs/creating-buckets#storage-create-bucket-console


EmoticonEmoticon