Deployment aplikasi bundle marketplace

GCP telah bekerja sama dengan banyak vendor software aplikasi. Pihak GCP telah menyediakan bundle aplikasi yang siap jalan langsung official dari vendor. Fitur ini bernama marketplace.

Seperti marketplace yang selama ini kita kenal, sudah disediakan banyak sekali aplikasi. Membutuhkan web server, dapat langsung jalan. Tidak perlu menginsatll vm manual, hanya perlu menyesuaikan konfigurasi didalamanya.

Deploy aplikasi dengan marketplace

1. Buka marketplace pada sebelah kiri. Pilih aplikasi yang akan di install. Kali ini akan mendeploy jenkins.

2. Kemudian atur spesifikasi dari jenkinsnya. Mulai lokasi, spesifikasi jenkinsnya, networking, dll. Tidak lupa perkiraan estimasi biaya yang akan dikeluarkan sesuai spek yang diinginkan.

3. Setelah semuanya, klik create.

4. Tunggu sampai proses deployment selesai. Untuk melihat prosesnya dapat menuju menu compute engine> VM instances. Akan terdapat proses yang running

5. Melihat jenkinsnya sudah berjalan atau belum, dapat klik ip publik. Akan otomatis diaraahkan menuju tampilan jenkinsnya. Seperti ini tampilannya.

6. Kalian dapat melakukan restart dan stop service jenkins jika sudah tidak diperlukan.


Ini mempermudah ketika membutuhkan aplikasi yang hanya digunakan sekali, Dapat langsung melakukan install tanpa perlu menginstall aplikasi manual. Dapat menghemat biaya juga, jika aplikasi jarang digunakan, akan dikenakan charge. Jadi ini dapat menjadi solusi.

Post a Comment

0 Comments