install Failover Cluster windows server 2012

Failover cluster adalah teknologi yang digunakan untuk high availability suatu services. Jadi dalam server production, server yang menjalankan proses utama sebuah perusahaan tidak mungkin berjalan 1 saja. terdapat minimal 2 server yang akan berjalan dengan isi dan fungsi yang sama. Salah satu server mati, maka proses akan dibelokkan ke server satunya yang berfungsi sama misalkan database, aplikasi, dll.

Failover cluster ini lah yang berfungsi untuk mengatur perpindahan proses jika salah satu server bermasalah atau mati. Jadi server tersebut dikelompokkan dalam sebuah grup server yang berfungsi sama. seperti topologi dibawah ini.


Schema normal, Server 1 dan server 2 berjalan normal dan melakukan proses sesuai dengan jobnya. Schema tidak normal, server 2 mengalami masalah bisa diakibatkan load memory tinggi sehingga hang atau apapun itu. Failover cluster akan menggantikan fungsi job yang biasanya berjalan di server 2 pada kondisi normal ke server 1. Sehingga fungsi tersebut masih dapat berjalan tanpa adanya downtime pada aplikasi dan server 2 dapat dilakukan investigasi mengenai masalah tersebut.

Sebelum melakukan instalasi fialover cluster, harus install Active directory. Dalam windows, tidak dapat mengenali ip server saat melakukan konfigurasi, jadi harus menggunakan AD untuk pengenal nama server. Lakukan join domain terlebih dahulu setelah itu lakukan instalasi failover cluster.


Install failover cluster

1. buka server manager, bagian kanan atas pilih manage, klik add roles and services

2. pilih next

3. pilih roles -based or features-based installation, next

4. pilih server yang ingin diinstall. akan muncul list server yang sudah join domain. next

5. server roles pilih next 

6. features, pilih failover clustering

7. akan muncul pop up penjelasan feature. klik add feature dan next

8.  confirmation akan muncul rincian proses yang sudah dipilih. jika sudah sesuai pilih install

9. tunggu sampai proses selesai


Lakukan proses yang sama pada server yang akan dicluster. syarat nya menggunakan OS yang sama.

Post a comment

0 Comments